Selulit VS Stretchmark, Semua yang Perlu Kamu Ketahui

24 April 2012 • Topik Intensive Care a Complete Care Solution • by Vaseline • 0 comments

Kebanyakan orang menganggap selulit dan stretchmark adalah hal yang sama, sedangkan sebagian orang yang lain tidak tahu apa sih bedanya selulit dengan stretchmark. Agar tidak bingung, simak penjelasan berikut yuk Ladies.

 

Selulit

Selulit, sering juga dianalogikan sebagai ‘kulit jeruk’ pada kulit. Nah, tahu kan Ladies, bentuk kulit jeruk seperti apa? Selulit pada kulit bentuknya mirip dengan guratan gelombang pada kulit jeruk. Pada dasarnya selulit merupakan timbunan lemak yang terjebak di lapisan kulit.

Selulit biasa muncul pada daerah paha, bokong, perut atau payudara, karena tempat-tempat ini jarang digerakkan sehingga lemak rentan menumpuk di area-area ini. Selulit juga sering terlihat pada wanita yang hamil. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon estrogen dan progesteron pada wanita hamil, yang menyebabkan lemak menumpuk lebih banyak untuk melindungi janin di dalam perut.

Karena selulit adalah tumpukan lemak, maka selulit dapat dihilangkan, caranya tentu dengan menghilangkan tumpukan lemak ini Ladies. Olahraga, mengatur makanan, istirahat cukup, disertai dengan perawatan seperti krim, pemijatan, atau mengonsumsi obat dari dokter. Namun, bila selulit yang muncul sudah parah, maka lemak harus disedot terlebih dahulu Ladies.

 

Stretchmark

Stetchmark, seperti namanya ‘stretch’ bentuknya seperti garis-garis berwarna putih atau merah bergelombang yang muncul pada kulit. Kulit ‘pecah’ karena dipaksa meregang, sehingga muncullah stretchmark. Pada area yang mengalami stretchmark, kulit mengalami penipisan, sehingga terlihat bergelombang.

Stretchmark akan dialami oleh ibu hamil, orang yang berat badannya naik atau turun dengan drastis serta orang yang menggunakan steroid. Selain itu, stretchmark juga dipengaruhi faktor keturunan lho Ladies.

Nah, tidak seperti selulit yang dapat diobati, stretchmark sayangnya tidak dapat dihilangkan. Stretchmark hanya dapat dicegah. Pencegahannya adalah dengan menjaga kelembaban area yang mengalami stretchmark tahap awal. Stretchmark tahap awal biasanya merupakan garis berwarna merah.

Kini kamu tidak perlu bingung lagi membedakan mana selulit dan stretchmark ya Ladies. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu jadi bisa melakukan perawatan yang lebih tepat dan sesuai.

 

 

 

Sumber:
http://www.bettermomtoday.com
http://www.femina.co.id

 

Gambar:
criasaude.com.br
stretchmarks24.com

0 Komentar - Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Komentar

Komentar Anda akan dimoderasi oleh admin. Mohon untuk tidak memasukkan link apapun atau kata kunci atau domain sebagai nama. Dilarang melakukan spam atau beriklan di komentar ini.

Captcha : five * 3 =